Rabu, 14 Oktober 2009

RILEKS

Mengungsi Bersama Maling


Dahulu kala ada beberapa pencuri yang pernah beroperasi di rumah Abu Said, mereka mengambil semua barang dan tidak menyisakan sedikitpun. ketika mereka keluar dari rumah, Abu Said menguntit mereka dengan membawa sebagian barang yang mereka tinggalkan. Ketika mengetahui hal itu, mereka bertanya kepada Abu Said,"Mau kemana? Dan mau apa kau?". Dengan bercanda ia menjawab,"Kalian tidak menyisakan satu barang pun di rumahku, maka aku mengikuti kalian agar bisa tinggal bersama kalian," Para pencuri itu pun tertawa dan akhirnya mengembalikan barang-barangnya."
LILIN ORANG BUTA
Suatu malam, aku pernah keluar dari kampung untuk sebuah urusan. Tiba-tiba aku bertemu dengan orang buta, di pundaknya terdapat guci dan tangannya memegang lilin. Ia masih berjalan hingga sampai di tepi sebuah sungai lalu mengisi gucinya, setelah itu ia pulang. Karena penasaran aku bertanya kepadanya,"Hai, engkau ini buta, malam dan siang bagimu sama saja, tapi untuk apa engkau membawa lilin?" Tanpa pikir panjang ia menjawab, "Hai orang yang diberi kelebihan! Aku membawanya untuk orang yang berhati buta sepertimu, agar tidak tergelincir di kegelapan, kemudian menimpaku dan aku pun terjatuh sehingga akhirnya guciku pecah!"
(DR.Aidh Al-Qarni,ibtasim)
HARGA TELUR NAIK
Diceritakan bahwa ada seorang ibu yang mengadukan permasalahannya kepada seorang dokter, ia berkata,"Dokter, permasalahan anakku sangat tidak jelas, ia selalu berkhayal dan mengira dirinya adalah seekor ayam!" Dengan serius dokter tersebut mencoba meneliti untuk mencarikan jalan keluar baginya, lalu ia bertanya,"Sudah berapa lama ia mengalami keadaan seperti itu?" Dengan nada datar sang ibu menjawab,"Sejak satu tahun yang lalu,dok!" Mendengar jawabnya, si dokter keheranan dan berkata,"Sejak satu tahun yang lalu! Terus, kalian tidak pernah berpikir untuk mengobatinya kecuali sekarang ini?" Dengan perasaan malu, ibu itu menjawab,"Engkau kan tahu dok, Kalau kami orang miskin, kami menyangka dengan menunggu akan mendapatkan hasil. Khususnya saat ini, harga telur lagi naik!"
KEKHAWATIRAN PENCURI
Muhammad ibn Ka'ab al-Qirashy menceritakan: Seorang laki-laki mengadu kepada Nabi Sulaiman AS, "Wahai Nabi Allah, seorang tetanggaku telah mencuri angsaku."
Lalu Nabi Sulaiman AS pun menyeru,"Wahai kaumku marilah kita shalat berjamaah!"
Seusai shalat, Nabi Sulaiman AS menyampaikan khutbahnya. Ditengah khutbah, Nabi Sulaiman berkata," Salah seorang diantara kalian telah mencuri angsa tetangganya, kemudian ia masuk ke masjid ini dengan bulu angsa itu ada di atas kepalanya." Spontan seorang lelaki langsung mengusap kepalanya(yang sebenarnya bersih tak ada sehelai bulu pun). Begitu melihatnya, Nabi Sulaiman berkata, " Tangkap orang itu, dialah teman kalian yang mencuri itu!"
ALLAHLAH YANG BERHAK MENGUJI
Suatu hari Iblis datang menemui Nabi Isa AS kemudian bertanya,"Bukankah kamu meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi padamu hanyalah yang telah ditetapkan ALLAH bagimu?"
"Benar" jawab Nabi Isa AS
"Kalau begitu jatuhkanlah dirimu dari atas gunung itu. Sebab,jika Allah menakdirkanmu selamat pastilah engkau akan selamat!" Kata iblis
Lantas Nabi Isa menjawab,"Wahai makluk terlaknat,sesungguhnya hanya Allah saja yang berhak menguji hamba-hamba-NYA. Sementara hamba-hamba-NYA sama sekali tidak berhak menguji Rabbnya."
(Ibnul Jauzi#Humor Cerdas ala orang cerdik)

2 komentar: